Senin, 28 Januari 2013

Contoh Rubrik Penilaian


LEMBAR OBSERVASI KEGIATAN GURU DALAM
METODE PEMBELAJARAN SUKU KATA
Nama Praktikan          : AZWAR UKHTARI
NIM                            : A1E310211
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : II/I
Beri tanda cek (Ö) pada pernyataan Ya/Tidak dan pada pernyataan Skor sesuai dengan hasil pengamatan yang anda lakukan.
NO
ASPEK YANG DINILAI
TERLAKSANA
SKOR
YA
TIDAK
1
2
3
4
1.
Pendahuluan
a.       Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
b.      Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
c.       Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.      Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.






2.
Inti
a.       Guru merangkaikan atau menggabungkan huruf konsonan dengan huruf vocal yang sudah di kenalkan anak dan membentuk suku kata/terdiri dari satu suku kata, lalu membaca huruf konsonan dalam kalimat dan huruf vocal yang dirangkaikan tersebut bersama anak.
b.         Guru menuliskan kata-kata yang sudah di kupas menjadi suku kata, lalu membaca suku kata tersebut bersama anak.Misalnya:
Bo-la
Ka-ki
c.         Guru merangkaikan/menuliskan suku kata menjadi kata, lalu membaca suku-suku kata yang sudah di rangkaikan menjadi kata tersebut bersama anak.Misalnya:
bolaàBo-la
kaki
àKa-ki
d.         Kemudian guru merangkaikan atau menuliskan kata menjadi kalimat, lalu membaca kata yang sudah di rangkai menjadi kalimat tersebut bersama anak. Misalnya:
bola
kaki
bola kaki
e.         Guru memerintahkan salah seorang siswa untuk maju ke depan membacakan cerita yang ada di buku. Sambil membaca, pahami isinya.
f.          Saat salah seorang siswa membacakan cerita, maka siswa lain ditugaskan memerhatikan dengan baik.
g.         Siswa menjelaskan isi bacaan yang telah dibacakan.
h.         Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber
i.           Memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar






3.
Penutup
a.         Bersama-sama dengan siswa dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
b.         Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
c.         Memberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran.
d.         Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa.
e.         Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.






JUMLAH






TOTAL

NILAI

KRETERIA


Nilai =Total Skor x 100
               72

Keterangan Kreteria :                           Keterangan Skor :
-          (81-100) sangat baik                             1 = dilaksanakan, tidak selesai
             (61-80) Baik                                         2 = dilaksanakan kurang sistematis
-          (41-60) Cukup                                      3 = dilaksanakan, kurang tepat
-          (21-40) Kurang                                     4 = dilaksanakan, kurang tepat
-          (1-20) Sangat Kurang

.................,.........................20....
Pengamat




........................








RUBRIK PENILAIAN AKTIVITAS KEGIATAN GURU

Penentuan skor 1,2,3 dan 4 didasarkan pada rubrik berikut :

NO
ASPEK YANG DINILAI
SKOR
1.
Pendahuluan


a.       Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
-       Tidak memberi salam dan memeriksa kehadiran siswa
-       Memeriksa kehadiran siswa
-       Memberi salam dan tidak memeriksa kehadiran siswa
-       Memberi salam dan memeriksa kehadiran siswa


1
2
3
4

b.      Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
-       Tidak mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
-       Membahas pembelajaran sebelumnya
-       Mengajukan pertanyaan-pertanyaan pembelajaran hari ini
-       Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari


1

2
3
4

c.         Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
-       Tidak menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
-       Hanya menulis semua tujuan pembelajaran di papan tulis
-       Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
-       Menulis semua tujuan pembelajaran dipapan tulis dan menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai

1

2
3
4

d.         Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus
-       Tidak menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus
-       Sedikit sekali menyampaikan cakupan materi
-       Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan namun kurang jelas
-       Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus dengan jelas


1

2
3

4
2.
Inti


a.       Guru merangkaikan atau menggabungkan huruf konsonan dengan huruf vocal yang sudah di kenalkan anak dan membentuk suku kata/terdiri dari satu suku kata, lalu membaca huruf konsonan dalam kalimat dan huruf vocal yang dirangkaikan tersebut bersama anak
-       Guru tidak merangkaikan huruf konsonan dengan huruf vocal yang sudah di kenalkan anak dan membentuk suku kata/terdiri dari satu suku kata
-       Guru merangkaikan huruf konsonan dengan huruf vocal yang sudah di kenalkan anak dan membentuk suku kata/terdiri dari satu suku kata, lalu membaca huruf konsonan dalam kalimat dan huruf vocal yang dirangkaikan sendiri oleh guru
-       Guru menugaskan siswa untuk merangkaikan huruf konsonan dengan huruf vocal yang sudah di kenalkan anak dan membentuk suku kata/terdiri dari satu suku kata, lalu membaca huruf konsonan dalam kalimat dan huruf vocal yang dirangkaikan
-       Guru merangkaikan atau menggabungkan huruf konsonan dengan huruf vocal yang sudah di kenalkan anak dan membentuk suku kata/terdiri dari satu suku kata, lalu membaca huruf konsonan dalam kalimat dan huruf vocal yang dirangkaikan tersebut bersama anak




1

2



3



4


b.         Guru menuliskan kata-kata yang sudah di kupas menjadi suku kata, lalu membaca suku kata tersebut bersama anak
-       Guru tidak menuliskan kata-kata yang sudah di kupas menjadi suku kata, lalu membaca suku kata tersebut bersama anak
-       Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kata-kata yang sudah di kupas menjadi suku kata
-       Guru menuliskan kata-kata yang sudah di kupas menjadi suku kata, namun tidak dibacakan
-       Guru menuliskan kata-kata yang sudah di kupas menjadi suku kata, lalu membaca suku kata tersebut bersama anak


1

2

3

4

c.          Guru merangkaikan/menuliskan suku kata menjadi kata, lalu membaca suku-suku kata yang sudah di rangkaikan menjadi kata tersebut bersama anak
-       Guru tidak merangkaikan/menuliskan suku kata menjadi kata, lalu membaca suku-suku kata yang sudah di rangkaikan menjadi kata tersebut bersama anak
-       Guru hanya merangkaikan/menuliskan suku kata menjadi kata
-       Guru merangkaikan/menuliskan suku kata menjadi kata, lalu membaca suku-suku kata yang sudah di rangkaikan menjadi kata yang dibacakan sendiri oleh guru
-       Guru merangkaikan/menuliskan suku kata menjadi kata, lalu membaca suku-suku kata yang sudah di rangkaikan menjadi kata tersebut bersama anak


1


2
3


4


d.       Guru merangkaikan atau menuliskan kata menjadi kalimat, lalu membaca kata yang sudah di rangkai menjadi kalimat tersebut bersama anak
-       Guru tidak merangkaikan atau menuliskan kata menjadi kalimat, lalu membaca kata yang sudah di rangkai menjadi kalimat tersebut bersama anak
-       Guru merangkaikan atau menuliskan kata menjadi kalimat, namun tidak membacakan kata yang sudah di rangkai menjadi kalimat tersebut bersama anak
-       Guru merangkaikan atau menuliskan kata menjadi kalimat, lalu membaca kata yang sudah di rangkai menjadi kalimat kemudian dibacakan sendiri oleh guru
-       Guru merangkaikan atau menuliskan kata menjadi kalimat, lalu membaca kata yang sudah di rangkai menjadi kalimat tersebut bersama anak


1


2


3


4

e.       Guru memerintahkan salah seorang siswa untuk maju ke depan membacakan cerita yang ada di buku. Sambil membaca, pahami isinya.
-       Guru tidak memerintahkan salah seorang siswa untuk maju ke depan membacakan cerita yang ada di buku. Sambil membaca, pahami isinya
-       Guru memerintahkan siswa membaca cerita
-       Guru memerintahkan siswa membaca . sambil membaca, pahami isinya
-       Guru memerintahkan salah seorang siswa untuk maju ke depan membacakan cerita yang ada di buku. Sambil membaca, pahami isinya


1

2
3
4

f.        Saat salah seorang siswa membacakan cerita, maka siswa lain ditugaskan memerhatikan dengan baik
-       Guru tidak memerintahkan saat salah seorang siswa membacakan cerita, maka siswa lain ditugaskan memerhatikan dengan baik
-       Guru belum memerintahkan siswa membacakan cerita
-       Guru memerintahkan siswa membacakan cerita
-       Saat salah seorang siswa membacakan cerita, maka siswa lain ditugaskan memerhatikan dengan baik


1

2
3
4

g.          Siswa menjelaskan isi bacaan yang telah dibacakan
-       Siswa tidak menjelaskan isi bacaan yang telah dibacakan
-       Guru belum memerintahkan siswa menjelaskan isi bacaan
-       Guru menjelaskan isi bacaan yang telah dibacakan
-       Guru bersama siswa menjelaskan isi bacaan yang telah dibacakan

1
2
3
4

h.      Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber
-       Guru tidak memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber
-       Guru belum memberikan konfirmasi
-       Guru memberikan sedikit konformasi terhadap hasil belajar melalui satu sumber
-       Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber


1

2
3

4

i.        Memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
-       Guru tidak memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
-       Guru belum memfasilitasi siswa
-       Guru hanya sedikit memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
-       Memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar


1

2
3

4
3.
Penutup


a.         Bersama-sama dengan siswa dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran
-       Tidak menyimpulkan materi pelajaran
-       Hanya guru yang menyimpulkan materi pelajaran
-       Siswa ditugaskan menyimpulkan materi pelajaran
-       Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran


1
2
3
4

b.      Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
-       Guru tidak memberikan penilaian
-       Guru memberi penilaian sebagian kecil hasil kerja siswa
-       Guru memberi nilai pada hasil kerja siswa yang terbaik
-       Guru memberi nilai pada semua hasil kerja siswa


1
2
3
4

c.         Memberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran
-       Guru tidak memberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran
-       Guru hanya memberi sebagian umpan balik
-       Guru memberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran tidak jelas
-       Guru memberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran dengan jelas

1
2
3

4

d.          Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa.
-       Guru tidak memberikan tindak lanjut tentang bahan belajar
-       Guru belum memberi tindak lanjut tentang bahan belajar
-       Guru hanya memberi sebagian tindak lanjut bahan belajar
-       Guru menyampaikan tindak lanjut tentang bahan belajar



1
2
3
4

e.       Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
-       Guru tidak menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
-       Guru hanya menyampaikan sebagian rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
-       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya secara kurang jelas
-       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dengan jelas


1

2

3

4


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar